PERJUANGAN MAKSIMAL TIM AKREDITASI PERPUSTAKAAN “ESPERO LIBRARY” MEMBUAHKAN HASIL YANG MEMBANGGAKAN DENGAN MERAIH PREDIKAT AKREDITASI “A”
Senin, 7 Desember 2020 adalah hari yang menggembirakan bagi keluarga besar SMP Negeri 2 Kokap. Hasil akreditasi perpustakaan yang selama ini dinanti setelah melaksanakan akreditasi perpustakaan pada tanggal 13 Oktober 2020 terjawab sudah. Sujianto, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan SMP Negeri 2 Kokap sebagai perwakilan dari sekolah mengambil langsung sertifikat akreditasi perpustakaan di ruang pustaka DPAD DIY.
Foto 2, Pengambilan sertifikat akreditasi oleh Sujianto, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan “Espero Library”
Berdasarkan rapat tim lembaga Akreditasi perpustakaan - Perpustakaan Nasional RI menetapkan bahwa: “Perpustakaan “ESPERO LIBRARY” SMP Negeri 2 Kokap terakreditasi dengan nilai A.” Sungguh bukan pencapaian yang mudah, karena tim akreditasi perpustakaan “ESPERO LIBRARY” harus bekerja keras mempersiapkan segala dokumen ataupun bukti fisik untuk kelengkapan komponen-komponen yang akan dinilai pada akreditasi perpustakaan.
Foto 2, Proses pembuatan dokumen keperluan akreditasi
Tim yang terbentuk pada akreditasi ini sangatlah solid, semua bekerja sama dengan sepenuh hati, tanpa mengenal lelah dan waktu. Tim yang tergabung, diantaranya: Munawir, M.Pd selaku Penanggung jawab, Sujianto, Sumardi, Sutrisno, Sukasna, Juweni, Dwi Suwartiningsih, Anna Fitrothun, Rhyna Yunita, Dati Maryami, Sarjono, Prihtiyani, Amrih Prayogo dan Agus W.R.
Dari nama-nama anggota tersebut, dibagi penanggung jawab tiap komponen yaitu:
- Komponen 1+3 : Rhyna Yunita, Prihtiyani, Dati Maryami
- Komponen 2 : Sutrisno, Sarjono, Amrih Prayogo
- Komponen 4+5 : Anna Fitrothun, Sujianto, Juweni, Sumardi, Sukasna
- Komponen 6 : Sunartiningsih, Dwi Suwartiningsih, Agus W.R
Pencapaian yang sungguh luar biasa, karena semua tim dapat bekerja sama dengan baik mengkomunikasikan segalanya dengan keterbukaan dan saling melengkapi jika ada hal-hal yang kurang. Dengan nilai akreditasi perpustakaan yang sudah diraih, tentunya perpustakaan “Espero Library” harus melakukan peningkatan baik dari segi inovasi, kreatifitas dan prestasi perpustakaan. Seperti kita ketahui perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar, karena kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas.
Foto 3, koleksi “Espero Library” atribut dengan unsur kebudayaan
“Espero Library” memberikan warna baru dalam dunia perpustakaan, tidak hanya sebagai tempat sarana untuk belajar tetapi perpustakaan “Espero Library” juga mengelola dan menyimpan koleksi tentang kebudayaan. Semoga dengan hasil akreditasi perpustakaan yang memuaskan ini semakin menjadikan Espero sebagai sekolah yang bermutu dan berwawasan budaya. Selasa, 8 Desember 2020. Hendrika Yuli
Komentar
Posting Komentar